Download

Selasa, 31 Mei 2011

Cobalah keluar dari zona nyaman

Pikiran kita selalu mendorong kita untuk mencari kenyamanan. Sampai disini masih sangat bagus. Namun ketika kenikmatan itu telah kita raih, tubuh kita kemudian menjadi tenang dan ingin terus menerus merasakan kenikmatan tadi. Sampai disini masih bagus.

Namun setelah beberapa waktu menikmati kenyamanan tadi. kita kemudian tiba-tiba tubuh malas bergerak dan ingin bermalas-malasan saja. Tubuh kita terasa berat ketika kita ingin melakukan pekerjaan lainnya. Disinilah kondisi krisisnya. Dan inilah yang disebut zona nyaman.

Contoh diatas adalah contoh zona nyaman skala kecil, efeknya kecil, dan masa krisisnya juga sebentar. Ketika kebiasaan tadi terus-menerus dibiasakan maka akan timbullah kebiasaan buruk yang parah. Yakni terjebak dalam zona nyaman.

Ada banyak jenis zona nyaman ini. Misalkan seorang yang telah merasa berilmu, sehingga tidak mau lagi menuntut ilmu. Seorang yang telah merasa cukup, sehingga tidak mau lagi berkerja dan berkarya. Seorang yang merasa enak dengan keadaannya, sehingga tidak mau melakukan perubahan.

Yang jelas beberapa contoh diatas adalah zona nyaman yang harus dihindari. Karena semuanya adalah penghambat pemaksimalan potensi. Potensi kita sangat besar, tapi dengan terjebak di zona nyaman, kita menjadi malas untuk menggali potensi kita.

My Secret Word
Saya tidak harus menikmati kondisi menyenangkan ini terus menerus, karena masih banyak tugas yang harus kuselesaikan. Dan kenyamanan yang dihasilkannya lebih baik dari kenikmatan sekarang ini.

salam saya
Ono Musfilar
(Sang Penggapai Mimpi)

0 komentar:

Posting Komentar