Download

Sabtu, 04 Juni 2011

Pertanyakan sebuah solusi bukan alasan

Membuat pertanyaan tepat adalah salah satu keahlian menuju sukses. Ketika anda ditimpa sebuah kejadian yang kurang mengenakkan, anda harus mengajukan pertanyaan yang tepat. Karena jika tidak anda akan rugi 2 kali. Pertama karena musibanya sendiri, yang kedua karena efek yang akan ditimbulkan dari musibah tadi.

Jangan pernah mengucapakan sebuah pertanyaan yang bersifat mengeluh. Seperti “mengapa saya terkena musibah seperti ini?”. Karena jawaban yang muncul adalah jawaban negatif yang menjatuhkan. Seperti, karena anda bodoh, karena anda miskin, karena keluarga anda tidak terpandang, karena anda ceorboh, karena anda tidak memiliki kelebihan, dll.

Sebaliknya buatlah sebuah pertanyaan yang membangun. Seperti “hal baik apa yang bisa kuambil dari kejadian buruk ini?”. Tanpa sadar beberapa jawaban positif akan bermunculan. “oh mungkin saya harus lebih hati-hati?, mungkinya saya kurang membantu orang, kurang beribadah, mulai sekarang saya akan terus beramal?. Oh mungkin saya banyak dosa, saya akan mulai meninggalkan perbuatan maksiat saya?, oh mungkin ini tanda, bahwa saya akan menjadi lebih kuat, lebih tegar?

Bisakah anda melihat perbedaan keduanya. Pertanyaan negatif membawa jawaban yang menghancurkan. Pertanyaan postif membawa jawaban yang membangun.

My Secret Word.
Mengapa saya tahu caranya. Karena dari dulu saya selalu bertanya “bagaimana cara mendapatkannya”.


salam saya
Ono Musfilar
(Sang Penggapai Mimpi)

0 komentar:

Posting Komentar