Download

Rabu, 13 Juli 2011

Jangan salahkan lingkungan

Orang bermental kalah akan menyalahkan lingkungan setiap kali ia mengalami kegagalan. Dia menganggap lingkunganlah yang menyebabkan dirinya tidak bisa menang. Entah karena kemiskinan, karena keluarganya yang tidak mendukung, karena fasilitasnya yang kurang memadai, karena teman-temannya yang tidak pintar, karena usianya yang masih muda.

Berbagai komentar pedas keluar dari mulutnya. Komentar yang mengatakan penyebab utama kegagalanya adalah lingkungannya yang tidak mendukung.

Tapi bagi orang-orang bermental juara justru tidak pernah menyalahkan lingkungan. Justru dijadikan motivasi untuk berjuang. Karena keluarganya miskin makanya ia berusaha lebih keras. karena teman-temanya kurang pintar, ia belajar lebih giat. Karena masih muda, ia bekerja dengan penuh tenaga.

Kondisi lingkungannya yang buruk tidak menjadi penghalang menuju kesuksesan. justru dijadikan ajang untuk bekerja dengan lebih keras, lebih cerdas untuk keluar dari kondisi tadi.

Ketika kita memperhatikan dua watak tadi, kita bisa melihat perbedaan besar dari keduanya. Sekarang saatnya bagi kita untuk memilih. Menyalahkan kondisi lingkungan, atau mengambil alih kehidupan kita sendiri. Bertanggung jawab penuh atas kehidupan, dan terus melangkah menjadi lebih baik.
salam saya
Ono Musfilar
(Sang Penggapai Mimpi)

0 komentar:

Posting Komentar